02 Juli, 2013
Kali ini saya akan membahas Rekomendasi Software Pembuat website terbaik untuk Belajar Web Design, ,Tapi Sebelumnya klik tombol
dulu ya...Dan kami mohon bantuannya dukung channel Youtube baru kami untuk hal yang bermanfaat
.. Terima kasih Yaa atas perhatiannya, Selamat melanjutkan membaca,kritik dan saran isikan di dan

Rekomendasi Software Pembuat website terbaik untuk Belajar Web Design

Belajar Web Desain (Design) - terus terang ada banyak perancang web menyembunyikan hal tentang aplikasi dan software yang dapat membantu mebuat sebuah website dengan sangat mudahnya. Ya, dan ini wajar saja sih...Bagaimana jika semua orang menggunakan app web design? tentu akan mengurangi jumlah orderan dan menyebabkan jasa pembutan website menurun drastis.

HTML EDITOR DAN Wiysiwyg (WEB BULDER)
Sedikit pengalaman nih, terkadang dulu saya suka bingung dan akhirnya sesat dijalan. Bukannya mengasilkan website yang luar biasa tapi hasilnya web kuar binasa. Hal ini karna pengetauan yang kurang juga akibat keterburuan, dengan ambisi inginelum melanjutkan cepat membuat sebuah web yang memiliki tampilan oke punya :D.
Makanya sebelum saya lanjutkan artikel "Rekomendasi Sofware Pembuat website terbaik untukBelajar Web Design" ini , maka sebaiknya kita luruskan beberapa al yang nantinya jika tidak diketahui akan membuat kita kesulitan, bingung ampe nyasar dan tidak jadi edit web dengan benar.

Pertama, sobat perlu mengetahui  terlebih dahulu tentang apa yang sedang dibutukan. Apakah HTML editor atau WEB Builder (perancang web visual). Mengapa, apakah beda? ya sangat jelas beda dunk...

Okey guys ... Yuk pelajari sedikit demi sedikit tentang aplikasi pembantu web design ini.

HTML/PHP EDITOR

HTML/PHP EDITOR

App atau software bernama HTML editor banyak tersedia diinternet, baik yang versi gratis maupun yang premium. HTML editor bukanlah aplikasi pembuatan web yang dinginkan beberapa pemula, namun kebanyakan tetap juga didownload dan akhirnya membuat mereka (termasuk saya) bingung tentang cara menggunakannya.

Sebenarnya HTML/PHP editor adalah sejenis editor teks seperti notepad bawaan komputer, hanya saja dengan fungsi2 tambahan seperti bantuan dalam kamus kode-kode yang diperlukan dalam pembuatan sebuah web. Tapi walaupun begitu, Tidak akan mungkin anda membuat sebuah web dengan menggunakan HTML editor tanpa pengetauan dasar akan kode-kode tersebut.

Jadi, Jika anda benar-benar pemula, Sangat disayangkan, karna jenis Aplikasi web yang satu ini tidak akan menyenangkan karna dia akan mengajak anda membuka kembali buku-buku tentang pelajaran dasar yang sangat membosankan.

Tapi, bagi yang niat belajar dan tidak hanya ingin cepat2 saja, maka editor HTML/PHP adalah cocok untuk anda bekerja dan menciptakan website bersamanya.

WEB BUILDER VISUAL (Wysiwyg editor)

penyunting website visual

Aplikasi Web Builder

Wysiwyg editor adalah penyunting website visual (What You See is What You get) Apa yang kamu lihat maka itu yang akan kamu dapatkan.  Dengan  Aplikasi ataupun software berbasisi wysiwyg kita bisa merancang sebuah website dengan mudah tanpa perlu mengetaui apapun dasar-dasar pemogaraman web.

Nah bagi pemula yang sudah cukup bosan dengan lautan kode-kode HTML dan Pemograman web lainnya akan sangat menyukai aplikasi wysiwyg ini. bagaimana tidak? Menciptakan / merancang sebuah web yang profesional, lengkap cukup dalam waktu beberapa menit saja dan caranya yang sangat mudah membuat kita berasa sedang mengedit foto; tinggal geser kiri atas bawah, dan jadilah website tsb.

Tapi, Web Builder akan membuat anda Bodoh !

Hhhhhhhhhh? yayayayayya.....iya. Kebanyakan dan nyatanya memang begitu. Dengan aplikasi yang berbasis wysiwyg, kita memang akan terbantu, tapi sekaligus kita juga akan tambah bodoh. Karna setiap membuat web, kita tidak bermain dengan kode-kode yang harusnya kita pelajari, malah kita yang menjelaskan kepada aplikasi. Kita hanya tinggal bilang mau begini sedangkan yang bekerja maksimal adalah aplikasinya :D.

Namun bukan berarti anda tidak boleh menggunakan wysiwyg editor. Sebuah Web Builder juga penting bagi seseorang contonya ketika ada keperluan penting, dan membutuhkan waktu cepat. Mau tidak mau yah terpaksa mengandalkan wysiwyg editor.

So, sekarang kamu pasti mengerti dunk; mana yang menjadi kebutuhan kamu. Dan segera ambil keputusan. Berikut Adalah Aplikasi yang dapat membantu Kita membuat Sebuah website yang dapat digunakan secara ofline.

APLIKASI / SOFTWARE PEMBUAT (PERANCANG) WEBSITE

EDITOR HTML Dan PHP (REKOMENDASI TERBAIK)

1.NOTEPAD++

Notepad++ merupakan editor teks baik itu untuk HTML, PHP, JS, CSS, dll. Memiliki tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini sangat ringan dan cepat loading. Aplikasi editor web ini cocok buat anda yang menyukai kecepatan loading.

NOTEPAD++ Editor TML

NOTEPAD++ Editor TML

Fiturnya antara lain;

-membuka program cukup cepat, hampir sama dengan notepad biasa jadi anda tidak perlu menunggu 10 detik untuk mengedik 1 file script.
-tampilannya yang sederhana. interface Notepad++ terdiri dari menu standar di bagian atas (file, edit, search, view...) di tambah 1` baris icon dan 1 baris lagi untuk tab, dan area untuyk editornya sangat luas.
-fasilitas find /replace yang baik, fasilitas find-nya bisa mencari teks semua file yang sedang di buka, ataupun semua file di Directory tertentu. juga terdapat fasilitas incremental Search (mirip dengan fasilitas find di browser firefox di mana teks yang dicari langsung di -highlight begitu teks dituliskan tanpa perlu menekan enter)
-Syntax highlighting yang mendukunbg banyak bahasa pemprograman, dan ototmatis mendekati bahasa pemprograman ketika membuka suatu file tertentu. dengan fasilitas inisebuah script bisa tampak berwarna-warni sehingga tidak pusing melihatnya, dan lebih mudah membedakan antara satu elemen dengan elemen lainnya. warna-warna syntax-nya bisa diatur di menu style Configator, dan akan disimpan ke dalam filestylers.xml
-Bracket Matching, yaitu bisa menentukan pasangan tanda kurung ketika kursur mouse berada di sebuah tanda kurung ( baik kurung buka maupun kurung tutup).
-Code Folding, ini adalah fasilitas yang sudah ada di kebanuak text editor di Linux, namun di editor berbasis windows, fasilitas ini jarang ditemukan. Code Folding adalah fasilitas yang bisa menyembunytikann kode-kode yang berada di dalam suatu blok kode seperti kode dalam tanda {} pada function/class/if dan pada tag html sehingga bisa diringkas menjadi 1 baris dengan tanda [+] di sebelah kirinya.
-Terintergrasi dengan baik di Windows. Setelah Notepad++ di Instal, ada pilihan untuk mengintegrasikannya di menu konteks (jika menekan klik kanan pada file, ada pilihan open in Notepad++). Juga ada pilihan untuk menjadikan Notepad++ sebagai Default HTML Editor ( untuk melihat source/view seource di Internet Explorer).
-Fasilitas AutoComplete-nya sudah mendukung PHP. dengan menekan ctrl+space maka akan muncul fungsi-fungsi dari PHP tersbut.
-Colomn Mode, yaitu bisa memilih teks dalam mode kolom dengan menahan tombol Alt ketika menyeleksi teks
-Shortcut Mapper, yaitu kita bisa mengatur tombol shortcut sesuai keinginan kita.
-Trim Trailing Space, Fasilitas ini digunakan untuk menghilangkan spasi yang tidak berguna di belakang teks.
-File Status Auto-Delection. Jika suatu file yang sedang dibuka di Notepad++ dimodifikasio dengan program lain, maka akan ada pilihan untuk me-reload file tersebut ( atau bisa juga secara otomatis di-reload tanpa ada peringatan).
-Bisa mengubah ukuran Font dengan cepat menggunakan ctrl+Scroll.
-Terdapat fasilitas plugin. di instalasi standarnya sudah terdapat plugin yang berisi sangat banyak untuk memanipulasi teks (mnalah belum sempat mencoba semuanya). Di website Notepad++ juga terdapat beberapa pulgin tambahan yang bisa di - download gratis.

Bagi Yang Belum instal, maka wajib download secara gratis disitus resminya >>>http://notepad-plus-plus.org/download/‎

2. CoffeeCup HTML Editor

CoffeeCup HTML Editor

CoffeeCup HTML Editor

Bertajuk ‘Free’, aplikasi ini merupakan versi sederhana dari CoffeeCup HTML Editor. Versi gratis-nya tidak mencakup beberapa fungsi seperti Visual Editor, CSS Menu Designer, Image Mapper, dan Website Color Schemer. Meski demikian, kamu yang hendak membuat tampilan secara instan dan tidak butuh penyuntingan yang kompleks tetap bisa menggunakannya untuk merancang sebuah blog yang menarik. Anda Bisa Mendownloadnya Secara gratis di http://www.coffeecup.com/free-editor/

Dan Sebenarnya Masih Banyak editor lain, cuma saya pikir yang ini sudah cukup baik. Ngapain juga instal banyak2 bukan? saran saya fokuslah pada satu pengembangan aplikasi saja.
APLIKASI WEB BUILDER / PENYUNTING VISUAL WEBSITE
Untuk webbuilder wysiwig saya rekomendasikan dari 1 yang paling banyak digunakan orang yang menurut merka adalah yang terbaik karna penggunaanya sangat mudah bernama "Adobe Dreamweaver".
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Suite 6 (sering disingkat Adobe CS6).

Sayangnya versi penuh aplikasi yang hebat ini adalah berbayar alias tidak untuk free :D. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya bukan? Adobe juga menyediakan versi Portable dan kamu bisa menggunakannya secara gratis. sedangkan untuk FULL version Penyunting web ini bisa kamu dapatkan gratis dangan trik2 yang sudah banyak tutorialnya. Coba cari digoogle Dengan kata kunci "ADOBE DREAMWEAVER FREE DOWNLOAD + FULL VERSION". Tapi Hati2 loh, terkadang software bajakan terinfeksi berbagai virus, makanya saya tidak bisa merekomendasikan link bajakan tsb diblog ini. pada akhirnya resiko tanggung sendiri :). Dan buat kamu yang ingin mendownload software ini secara legal, bisa didapatkan di toko2 service / penjualan komputer software terdekat dirumah saudara/i. Anda juga bisa mengakses situs web resminya untuk mencoba free trial (30 hari) di http://www.adobe.com/cfusion/tdrc/index.cfm?product=dreamweaver.

Demikianlah sedikit Sharing Mengenai Software/aplikasi pembuat website untuk bisa digunakan dalam belajar web design. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Selebihnya kita akan bertemu pada kotak komentar, oke ! Trims...

Thanks For http://jasawebsiteprofesional.com/

,
Posted by: Ady Sukrul Fadhlilah , Updated at: 11.12

+ komentar + 3 komentar

2 Juli 2013 14.28

Patut untuk di coba nih!

DYKRULLAH Mengucapkan Terimakasih Kepada Andik Rasida atas Komentarnya di Rekomendasi Software Pembuat website terbaik untuk Belajar Web Design
2 Juli 2013 14.35

Terima kasih untuk kunjungannya mas,,hehe

2 Juli 2013 15.46

Notepad ama DW aja deh.. udah cukup :D

DYKRULLAH Mengucapkan Terimakasih Kepada DeathCrot atas Komentarnya di Rekomendasi Software Pembuat website terbaik untuk Belajar Web Design

Posting Komentar