;
Halo Sobat ! Terima Kasih Telah Membaca Apa Beda SNMPTN Dan SBMPTN ? Di Dykrullah.com
About me | Kontak | Profile Saya | Event | Donasi | Sitemap
Facebook

28 Mei, 2013

Kali ini saya akan membahas Apa Beda SNMPTN Dan SBMPTN ?,,
ads
Terima kasih Yaa atas perhatiannya,Selamat melanjutkan membaca,kritik dan saran isikan di kolom komentar

Dykrullah : Apa sih Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN ?

SNMPTN beda Bagi anda yang sebentar lagi lulus SMA/MA/SMK dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri,hehehe Ada baiknya anda memahami jalur-jalur seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negri tsb.
Skema seleksi ujian masuk PTN pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Jika pada tahun 2011 dan 2012 SNMPTN dibagi 2 yaitu, SNMPTN tulis dan SNMPTN undangan, Pada tahun 2013 SNMPTN tulis resmi ditiadakan. Hanya akan ada SNMPTN undangan yang disebut SNMPTN 2013.Jalur untuk masuk PTN pada tahun 2013 tetap terdapat 3 jalur, yakni SNMPTN (Selesi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan UM (Ujian Mandiri).
Apa sih perbedaan di antara ketiganya?
SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran alias ditangung pemerintah alias gratis..
Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN.
Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri.Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya.
Perbedaan Lainnya, pada SNMPTN 2012, kelompok program studi pilihan calon mahasiswa ada dua, yaitu IPA dan IPS, sedangkan pada SBMPTN namanya berubah menjadi Saintek (Sain dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humaniora).
Sehingga nama kelompok ujian untuk peserta pun berubah, dari IPA/IPS/IPC, menjadi Saintek/Soshum/Campuran.

Semoga bermanfaat,

Posted by: Ady Sukrul Fadhlilah , Updated at: 14.23

Poskan Komentar