;
Facebook

11 Januari, 2015

ok Gay , Kali ini mumpung saya berkesempatan untuk menulis lagi saya mau menjelaskan sebenarnya Apa to SMK Bangunan? trus apa itu Arsitek apa itu insiyur Sipil ? Apa bedanya? 
ok langsung saja ya gais, 

Apa itu SMK Bangunan ?
yap SMK Bangunan adalah salah satu sekolah yang mempunyai jurusan Bangunan , sama halnya Jurusan Otomotif, Audio video, Listrik Teknik Jaringan dan juga Multimedia yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang bisa menjadi ahli di bidangnya masing-masing jurusannya tersebut nantinya, SMK sebenanya gabungan SMA setengah Kejuruan yang di tempuh biasanya 3 tahun, Jadi setelah SMK pun boleh lanjutkan lagi ke jenjang berikutnya yaitu S1 , karena tiap harinya hampir sama dengan sistem SMA dan MA yaitu pelajaran Matematika,IPA,Dll cuma disisipkan mata pelajaran produktif (kejuruan) ,,mungkin kalo jaman dahulu hampir seperti ST, dan yang sering di kaitkan SMK itu identik dengan Keluarga kurang mampu, karena orang tuanya menginginkan anaknya kelak langsung kerja,yang sebenarnya menurutku SMK itu sekolah yang luar biasa, dan sangat beda dengan SMA , ujian pun lebih banyak ( UAN, UAS, Praktek dan ditambah UKK), dan juga tuntutan praktek yang tinggi dan perlu intelek dan semangat yang lebih tinggi pula daripada SMA formal, (makanya semangat yaaa) SMK biasanya di kategori-kategori lagi menjadi SMK TEKNIK, SMK Bisnis & Manajemen, SMK Kesehatan, Peternakan, Pertanian DLL, Trus apa Bedanya dengan Fakultas kalo gitu Bang???? (sabar yaa bro) 

Pernah denger dengan Diploma 4 ? apa bedanya dengan Satra 1 (S1)? sama kan bedanya Diploma tujuan menjadi ahli di bidang tertentu (praktek lebih banyak) sedangkan S1 itu tujuannya sebenrnya mencetak pemikir,pendidik,peneliti,Dll (kebanyakan teori)   masih bingung???
 gini deh singkatnya SMK sistemnya sama Diploma 60% praktek, 40 % teori , klo SMA itu kaya S1 60% teori, 40% praktek....mungkin sebenarnya dulu itu tujuannya nenek moyang kita menciptakan dunia pendidikan mulanya begitu mungkin,, Diploma itu menjadi ahli profesionalnya, terus Sarjana menjadi pemikirnya,peneliti,pengajar,,,Tapi saking morat maritnya sekarang dan semakin banyaknya penduduk menjadi banyak orang yang bingung. (penting sekolah krul) , tau gak si Tak kenal maka tak sayang, tak bertujuan bingung di jalan, iyap mungkin itu banyak yang muncul dari anak-anak sekarang bingung kemana tujuannya sebenarnya,pada akhirnya melenceng dari studinya, jadi bingung sendiri, maka dari itu mulai sekarang cepet cintai jurusan kita, karena semua jurusan itu baik, semua bisa sukses di bidangnya, kalo gak ada peluang jurusanmu kenapa sekolahan bangun jurusan kamu ya kan? Kenapa juga repot-repot buang uang tiap Semesternya ?

Ok balik ke Tema ya SMK Bangunan, SMK bangunan sering di kaitkan calon Kuli apakah bener tu? Pernah tahu yang jadi kuli itu biasanya Siapa?.....kalo dahulu jaman bapak ku SMK bangunan jadi 1 tapi dalam perkembangannya di pisah agar lebih spesifikasi dan lebih ahli nantinya, (lebih baik pandai 1 hal dan bisa memanfaatkannya daripada banyak hal tapi malah bingung krna gak mendalam setengah2 (wong menclamencle jarene)  ok SMK bangunan sekarang biasanya di bagi menjadi 4 :

1. TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (Drafter-Junior Arsitek)
yap , teknik gambar bangunan adalah jurusan yg mempelajari cara menggambar bangunan, kontruksi, dan juga sedikit menghitung Rab. Kedepan jurusan ini di tarjetkan menjadi Drafter/estimator di perusahaan swasta maupun ngeri di bidang kontruksi, dan ingat drafter itu juru gambar ya, desain dan struktur kontruksi tetep di bimbing oleh Arsitek/Insinyur. dan menurut saya ini adalah jurusan bangunan paling faforit kalo di SMKku dulu krna keliatan keren, tapi tugasnya beh, gak pernah tidur, gambar mulu, gambar dengan komputer maupun manual banyak yang gak kuat, banyak yang pindah jurusan karena banyak tekanannya......(keinget dulu hehe) tapi TGB ini identik dengan Arsitek (mungkin adeknya ya,haha)

2. TEKNIK KONTRUKSI (Estimator)
nah kalo ini jurusan yang mempelajari dasar-dasar kontruksi, lebih banyak hitungan, walaupun gambar juga mempelajari walaupun dasar-dasarnya, ini lebih ditekankan menjadi Estimator persusahaan kontruksi nantinya.. (hayo siapa yang gak tau Estimator? istimator berasal dari kata Esitmasi yaitu berhitung jadi estimator itu pahamkan,,wakawaka.. Na kalo Kontruksi ini identik ke Teknik Sipil jurusan Bangunan gedung dan struktur.

3. TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN
na, ini jurusan yang tak kalah kerennya yaitu jurusan yang mempelajari Pemetaan tanah,kontur tanah, daya dukung tanah ,gambarnyapun gambar kontur tanah ,, jurusan ini tarjetnya menjadi surveior di perusahaan kontruksi, tak jarang yang ke penambangan gak keren tu, tapi emang jurusan ini di tuntut gak pernah di rumah,,tour kemana-mana,haha, Naa jurusan ini adalah adeknya jurusan Teknik sipil jurusan Geoteknik,/ lingkungan

4. TEKNIK PERKAYUAN,/BAJA,/BETON
na ini jurusan yang sangat seru, yaitu perkayuan, setiap harinya mempelajari teknologi Bahan yang terkait yang di ambil, seumpama kayu ya di pelajari tentang kayu, yang bagus gimana, yg jelek gimana, ini adeknya T. Pertanian kayak OOwi ya,, tarjetnya kedepan jurusan ini bekerja di bidang perusahaan/pabrik Kayu, Baja, dan beton,  

na itulah SMK Bangunan dari jurusan jurusan tersebut sebenarnya gak ada yang nantinya bertujuan jadi kuli pernah survei to sampeyan siapa yang biasanya jadi kuli di proyek-proyek itu dari jurusan Bangunan, Kan enggak, malah dari jurusan lain yang bingung cari kerja yg sesuai jurusannya akhirnya jadi kuli, atau gak dari lulusan SD, ataupun yg gak Sekolah malahan. 

Naah sekarang kita bahas Apa bedanya dengan S1 Arsitek ataupun S1 Teknik Sipil, sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Arsitek apa itu sipil.
Arsitek adalah Ketua pembangunan, ahli pembangunan, yang di pelajari waktu S1 kurikulum terbaru adalah Merencanakan, Perancangan, dengan mengetahui Teknologi bahan material, dan menghitungnya mulai dari bangunan mikro sampai makro yaitu tata lingkungan dan tata kota, jadi mbahe perencanaan. dan sekrang gak jamanya lagi sih menggambar manual tapi sketsa tetep harus bisa,,

T. Sipil itu bukan jurusan untuk Negeri sipil lo tapi teknik warga sipil, dahulu kan ada warga sipil ada warga militer, na, militer itu mempelajari kayak teknik mesin, teknik listrik ,teknik industri dll, trus untuk warga sipil itu jmempelajari T. sipil ,,,,T. sipil adalah gimana ya kalo menurut saya T. sipil adalah jurusan Rancu bukan menjelekan tapi jurusan Teknik sipil kalo di luar negeri itu bukan jurusan tapi fakultas Sipil dan perencanaan , toh kalo di indonesia nantinya di semester akhir di pisah lagi menjadi sipil Struktural, sipil Geoteknik, Kontruksi, Transportasi,Infrastruktur,Dll walaupun akhir-akhir ini Universitas2 besar sudah mulai memecahnya menjadi banyak tapi mungkin peminatnya banyak t. sipil belum di hapus seutuhnya,,makanya sering untuk lowongan t. sipil sering muncul  di sandingankan jurusan lainnya  krna sedikit-sedikit juga mempelajari semuanya itu,, maka dari itu Teknik sipil sering kontroversi dengan jurusan arsitektur, dengan planologi, geodesi dll, karena materinya hampir-hampir mirip dan di pelajari, tapi yang penting antara jurusan gak perlu sombong diri karena sesama Teknik harusnya kerjasama, Toh juga belum tentu kita lebih baik dengan yang lain karena enginer kerjanya itu gak bisa sendirian harus team work, ketika kelistrikan kita butuh T. Listrik, untuk mesin kita butuh T. mesin, Butuh desan rancangan butuh T. arsitektur, untuk struktural butuh T. struktur, untuk infrastruktur butuh T. infrastruktur dll.

Oiya tambahan lagi ada yang tanya kak S1 Pend. Teknik bangunan itu prospeknya gimana, na untuk jurusan ini prospeknya adalah pengajar bangunan nantinya, Titlenya S.pd walaupun tidak jarang yang nantinya menjadi profesional di bidang Bangunan nantinya.

Ok sekarang bedanya S1 dengan Smk Bangunan, yaps sekarang kita jabarkan ya,, dalah perusahaan yang besar biasanya struktur organisasi sangat penting, selain jenjang pendidikan, pengalaman juga sangat menentukan posisi anda nanti waktu kerja, mungkin begini sedikit alurnya dalam perusahaan kontruksi misalnya kosultan perencana sampai menjadi bangunan >>>>>> Owner/pemilik proyek > Direktur Konsultan > Team leader > Arsitek/perancangan > T.Sipil/struktur >Surveior> Drafter > estimator > Kontraktor > Pelaksana > mandor > tukang > kuli lapangan > proyek di kerjakan

Dah sekian yaa, semoga dapat menambah semangat untuk adek-adek SMK ataupun Kuliahan yang mungkin bingung, dan disini bukan memojokan jurusan ataupun pekerjaan karena semua jurusan dan pekerjaan itu baik cuma bisa bersungguh-sunguh,dan memanfaatkannya atau gak itu aj,dan bermimpilah yang tinggi karena dari mimpi itulah semangat kita muncul,,,,, Salam Semangat....... 

jangan lupa berkunjung di web ku ya www.dykrullah.com/
Baca Selengkapnya
Posted by: Ady Sukrul Fadhlilah , Updated at: 14.16

DOWNLOAD APLIKASI

DOWNLOAD MP3

SEKILAS INFO MENARIK

DOWNLOAD GAME

KABAR MAGETAN